Bulan September 2017 yang akan datang, Institut Aikido Indonesia (IAI) akan kembali mengadakan Seminar Aikido Tahunan (Gasshuku) yang kali ini merupakan seminar ke-14 di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Kuningan, Jakarta, seperti latihan gabungan pada bulan Juli yang lalu. Tomohiro Mori Shihan adalah Sensei yang merupakan perwakilan pihak Honbu Jepang yang akan menjadi instruktur dalam seminar ini.

Seminar ini, selain sebagai ajang silaturahmi para anggota IAI dengan Instruktur Dojo Pusat Honbu, Jepang, juga merupakan waktu diadakannya ujian Dan (Yudansha). Sesi ini merupakan rangkaian ujian sabuk hitam yang diawali dengan ujian sabuk hitam Dan 1 bagi para aikidoka yang telah berlatih dan berhasil naik tingkat hingga ke Kyu 1 (sabuk coklat). Lalu dilanjutkan dengan sesi ujian sabuk hitam Dan 2 hingga Dan 4 bagi para aikidoka yang telah memenuhi syarat. Tomohiro Mori Shihan juga bertindak sebagai penguji dan pengawas ujian Yudansha untuk memastikan para aikido melakukan ujian dengan sebaik-baiknya.

Acara Seminar Aikido dan Ujian Yudansha 2017 ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 16 dan 17 September 2017 yang akan datang, dengan waktu acara yang akan dimulai pukul 8 pagi  hingga pukul 5 sore WIB.

(VE -  Kyoto)